PEMBELAJARAN SASTRA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI 5.0

PEMBELAJARAN SASTRA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI 5.0

Rizky Putri Permatasari
Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah/ Surakarta
permatasariresky@gmail.com

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (a) konsep pembelajaran sastra digital, (b) implementasi sastra digital sebagai penggerak pendidikan cerdas berkarakter dalam revolusi 5.0, (c) assesmen pembelajaran sastra digitalisasi. Metode penelitian ini adalah kajian pustaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tuturan yang mengandung informasi mengenai pembelajaran sastra digital berdasarkan konsep-konsep pembelajaran. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat berdasarkan sumber data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pembelajaran sastra digital setiap individu tidak sama, yakni berdasarkan pengalaman, latar belakang, pengetahuan, serta imajinasi yang mengacu pada teori belajar konstruktivistik.

Kata kunci: digital, pembelajaran, sastra, teknologi 5.0

Link Download