Keefektifan Metode Pembelajaran PBL pada Kompetensi Memperbaiki Sistem Pendingin Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan: (1)metode pembelajaran problem-based learning (PBL); (2)metode pembelajaran direct teaching; (3)metode pembelajaran PBL dibandingkan dengan metode direct teaching, untuk siswa berkemampuan awal rendah; (4)metode pembelajaran PBL dibandingkan dengan metode direct teaching, untuk siswa berkemampuan awal tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimen dengan desain pre-test post-test non equivalent control group. Variabel bebas adalah metode pembelajaran, sebagai kovariat adalah kemnilai pretest, dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian TKR SMK Muhammadiyah Prambanan berjumlah 137 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa 64 orang. Instrumen pengambilan data adalah tes berbentuk multiple choice. Validasi soal dilakukan dengan analisis validitas isi butir soal, tingkat kesukaran, daya beda, dan keberfungsian pengecoh. 40 butir soal yang digunakan semua valid dengan koefisien reliabilitas tinggi (α=0,921). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian. Penelitian menyimpulkan bahwa pada pembelajaran kompetensi sistem pendingin, dengan menyertakan nilai pretest sebagai kemampuan awal: (1)secara menyeluruh, metode PBL lebih efektif dari pada metode direct teaching, (2)siswa berkemampuan awal tinggi lebih efektif diajar dengan metode PBL dibanding diajar dengan metode direct teaching, (3)siswa berkemampuan awal rendah tidak menunjukkan perbedaan keefektifan antara diajar dengan metode PBL dan diajar dengan metode direct teaching, dan (4)tidak ada perbedaan keefektifan antara siswa berkemampuan awal tinggi dan siswa berkemampuan rendah saat diajar dengan metode PBL.

Kata kunci: keefektifan, metode pembelajaran, PBL, prestasi belajar

download