INDUSTRI KREATIF PARIWISATA BERBASIS KUTIPAN SASTRA SEBAGAI IMPLIKASI BUDAYA SELF PRESENTATION GENERASI MILENIAL

INDUSTRI KREATIF PARIWISATA BERBASIS KUTIPAN SASTRA
SEBAGAI IMPLIKASI BUDAYA SELF PRESENTATION GENERASI MILENIAL

Novia Anggraini
Universitas Negeri Malang
ininovianggraini@gmail.com

Abstrak

Presentasi diri merupakan tindakan yang dilakukan untuk menampilkan diri di depan publik agar tercapai citra diri yang diharapkan. Generasi milenial sering kali menggunakan media sosial sebagai wadah self presentation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis industri baru, yaitu pariwisata berbasis
kutipan sastra dengan memanfaatkan peluang dari budaya self presentation tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran. Sebanyak 88.6% responden menyatakan tertarik jika nantinya ada spot wisata yang berlatar belakang kutipan-kutipan sastra. Alasan ketertarikan responden adalah (1) mampu mewakili perasaan, (2) wadah mengekspresikan diri dan perasaan, (3) belajar dari makna kutipan, dan (4) kutipan sastra yang mengandung motivasi dapat meningkatkan semangat dan gairah hidup.

Kata kunci: budaya presentasi, industri, milenial, sastra

Link Download