IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA PRODUKTIF MAHASISWA

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERTANYA PRODUKTIF MAHASISWA

Astuti Wijayanti1 dan Aris Munandar2
1), 2) Pendidikan IPA, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
ast_wijaya@yahoo.co.id 1)

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Kemampuan Dasar Mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan kemampuan bertanya produktif mahasiswa pendidikan IPA pada tahun akademik 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas Pendidikan IPA angkatan 2011 pada mata kuliah Kemampuan Dasar Mengajar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan IPA berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bertanya produktif mahasiswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dari siklus I ke II. Mahasiswa telah mampu mengungkapkan pertanyaan secara jelas dan singkat serta telah dapat memunculkan pertanyaan bermutu yang memunculkan beberapa alternatif jawaban. Pengungkapan tertulis pertanyaan menurut tingkatan kognitif juga mengalami peningkatan pada level mengaplikasikan dan mengevaluasi.. Pembelajaran model kooperatif tipe pair check dapat membantu dosen untuk mengembangkan kemampuan mahasiwa dapat menyusun dan berlatih mengkomunikasikan hasil diskusi.
Kata kunci: Pair check, kooperatif, kemampuan bertanya produktif.

Download Artikel