CAMPUR KODE DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

CAMPUR KODE DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Tuty Kusmaini
Balai Bahasa Sumatera Selatan
tutykusmaini@yahoo.com

Abstrak

Masalah yang dibahas yaitu bagaimana bentuk campur kode dalam media sosial instagram, serta apa yang menyebabkan terjadinya campur kode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi wujud campur kode pada teks media sosial instagram dan mengidentifikasi faktor penyebab campur kode dalam teks tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan diperoleh melalui hasil rekam data tangkap layar (screenshot) pada konten, caption, atau komentar yang dianggap menggunakan bahasa asing. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam tulisan ini berupa teknik rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan adanya campur kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris dan bahasa gaul. Wujud campur kode terdiri atas campur kode yang berwujud (a) kata, (b) frasa, (c) singkatan, dan (d) baster (gabungan pembentukan asli dan asing). Penyebab terjadinya campur kode dalam bahasa di media sosial instagram dipengaruhi oleh latar belakang pengguna, komunikatif, tujuan tertentu/persuasif, dan bergengsi.

Kata kunci: bahasa, campur kode, media sosial instagram

Link Download