IMPLEMENTASI MODUL MENULIS KARANGAN BERBASIS STRATEGI THINK-TALK-WRITE

IMPLEMENTASI MODUL MENULIS KARANGAN BERBASIS STRATEGI THINK-TALK-WRITE

Agnes Apryliana dan Hany Uswatun Nisa
FKIP, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
agnesapryliana@gmail.com; hanyuswatunnisa@gmail.com

Abstrak

Umumnya, siswa SMA tidak tertarik pada materi menulis karangan. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan menulis membutuhkan kreativitas dan tingkat berpikir kritis. Siswa juga merasa kesulitan mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulis. Strategi think-talk-write lebih mengedepankan dua kemampuan sekaligus, yaitu kemampuan berbicara dan kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta tingkat keefektifan dalam penggunakan modul menulis karangan berbasis strategi think-talk-write. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada kelas eksperimen setelah menggunakan modul ini dan adanya perubahan hasil penulisan karangan eksposisi yang dihasilkan pada tahap pascates kelompok eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan skor F sebesar 181,148.

Kata kunci: menulis, modul, strategi TTW

Link Download