PENYUSUNAN MODEL ANIMASI KOMPUTER GUNA PEMBELAJARAN LISTRIK MAGNET 2 PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANANWIYATA TAMANSISWA TAHUN 2015

PENYUSUNAN MODEL ANIMASI KOMPUTER GUNA PEMBELAJARAN LISTRIK MAGNET 2 PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANANWIYATA TAMANSISWA TAHUN 2015 Sunarto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Email: sunartoust@gmail.com Abstrak Penelitian dilaksanakan dengan tujuan: (1) memperoleh produk model animasi komputer pembelajaran fisika listrik magnet dua untuk mahasiswa program pendidikan fisika semester […]

Baca Selengkapnya

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA UST Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA UST Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014 Oleh: Tias Ernawati Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Download Artikel

Baca Selengkapnya

PENERAPAN COLLABORATIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN MOTIVASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

PENERAPAN COLLABORATIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN MOTIVASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH Astuti Wijayanti Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Email :astuti.wijayanti@ustjogja.ac.id ABSTRACT This classroom action research deals with the implementation of collaborative writing in Scientific Writing subject. This research aims to describe how […]

Baca Selengkapnya

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPA

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPA Astuti Wijayanti Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta Email: astuti.wijayanti@ustjogja.ac.id Abstrak Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di Prodi Pendidikan IPA UST untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Fisika Dasar dan partisipasi mahasiswa Pendidikan IPA dengan menggunakan model […]

Baca Selengkapnya

UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME

UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME Chairin Najemi dan Astuti Wijayanti Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Abstract The purpose of this research was to determine the constructivism learning model in order to […]

Baca Selengkapnya