Peran Guru Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Industri

Peran Guru Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Industri

Arif Bintoro Johan
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
abeje_janoko@yahoo.com

Abstrak

Peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam menyiapkan tanaga guru SMK yang nantinya akan menghasilkan anak didik yang layak dan punya kompetensi untuk terjun memenuhi kebutuhan industri harus merestrukturisasi sistem kependidikan dan sajian kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri. Pembenahan juga diperlukan dalam kajian analisis kebutuhan serta kerjasama yang lebih luas lagi. LPTK harus mampu meredesain kurikulum calon guru SMK yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan industri. Era globalisasi yang berlangsung saat ini menuntut peran pendidikan teknologi dan kejuruan agar semakin mantap. Masalah relevansi, peningkatan mutu dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan teknologi dan kejuruan sudah sering dipertanyakan, Hal ini didasarkan bahwa semakin sulitnya lulusan pendidikan teknologi dan kejuruan untuk memperoleh pekerjaan, sementara jumlah lulusannya semakin bertambah. Seluruh bidang keahlian dalam dunia kerja terbentuk dari hubungan antara manusia dengan benda. Manusia terdiri dari komponen jasmani dan komponen rohani atau ide, sedangkan benda dapat berbentuk perangkat keras dan perangkat lunak yaitu data. Dengan demikian bidang keahlian dalam dunia kerja terbentuk atas hubungan manusia, ide, benda dan data. Pengembangan sistem pendidikan teknologi dan kejuruan perlu dirancang sesuai dengan kebutuhan industri. Untuk dapat mencapai tujuan ini, keterlibatan dunia industri harus dikembangkan dalam menetapkan berbagai standar keahlian, pengembangan kurikulum dan kebijakan pengelolaan sistem pendidikan. Tingkat pendidikan angkatan kerja Indonesia diharapkan akan berubah. Hal ini akan mengubah pula harapan dan keinginan generasi muda dan orang tuanya. Indonesia diperkirakan akan mengikuti jejak pengalaman berbagai negara lain, dimana tingkat pendidikan yang semakin tinggi merupakan kebutuhan individu dan keluarganya. Meningkatnya tingkat pendidikan angkatan kerja harus diimbangi pula dengan meningkatnya keterampilan kerja dan produktivitasnya.

Kata kunci: guru, SMK, kebutuhan industri

Download Artikel