PENILAIAN OTENTIK BERORIENTASI PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SEKOLAH DASAR ADIWIYATA

PENILAIAN OTENTIK BERORIENTASI PENGUATAN KARAKTER PEDULI
LINGKUNGAN BAGI SEKOLAH DASAR ADIWIYATA

Shanta Rezkita
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
shanta_rezkita@yahoo.com

ABSTRAK

Kebijakan baru tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menjadi perhatian bagi sekolah dasar adiwiyata. Sekolah ini memiliki visi dan misi yang mengarah pada terciptanya keseimbangan lingkungan hidup. Salahsatunya dapat diwujudkan melalui penanaman nilai peduli lingkungan. Berkaitan dengan kebijakan tersebut, tentunya pemerintah memiliki harapan besar untuk menciptakan sekolah yang berbudaya dan berkarakter melalui program adiwiyata. Oleh karena itu, guru dituntut agar berkompeten dan profesional dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian otentik. Penilaian otentik akan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dengan ukuran ketercapaian peduli lingkungan yang lebih jelas. Selain itu, jati diri sekolah akan semakin kuat apabila diintegrasikan dengan pembiasaan-pembiasaan yang positif seperti kegiatan literasi dan ekstrakurikuler. Pembiasaan ini juga dapat dikaitkan dengan kegiatan berbasis partisipatif yang termuat dalam program adiwiyata. Berdasarkan kenyataan tersebut, penggunaan penilaian otentik memberi kontribusi bagi pengembangan kepedulian siswa terhadap lingkungan sehingga terwujud sekolah dasar adiwiyata yang berkarakter terpuji dan berwawasan lingkungan.

Kata Kunci: penilaian otentik, penguatan karakter, peduli lingkungan

DOWNLOAD ARTIKEL