Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar dan Hasil Belajar Mata diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas XIITKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XII TKR SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

ABSTRAK

Tujuan penelitian: (1) untuk meningkatkan keaktifan belajar Mata Diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XII Teknik kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta dengan strategi pembelajaran Inkuiri; (2) untuk meningkatkan hasil belajar Mata diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XII Teknik kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta dengan strategi pembelajaran Inkuiri.

Penelitian ini dilakukan di SMK Muhamadiyah Cangkringan tahun ajaran 2014/2015 tepatnya pada tanggal 19 Maret 2014 sampai dengan 23 September 2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR A yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, lembar observasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di kelas XII TKR B SMK Muhammadiyah Cangkringan. Validitas butir soal diperoleh dari korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan dari 5 butir soal tiap siklusnya dinyatakan valid. Reliabilitas soal diperoleh dengan rumus alpha. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien interval pada siklus I sebesar 0.653, siklus II 0.535, dan siklus III 0.829 dan dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kuantitatif. Analisis untuk keaktifan dengan teknik persentase sedangkan analisis hasil belajar siswa meliputi rata-rata nilai dan daya serap.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) pembelajaran dengan metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada Mata Diklat sistem injeksi bahan bakar bensin di kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman, hal ini ditunjukkan dari data pada siklus I presentase keaktifan siswa memiliki persentase sebesar 37,12%, siklus II dengan persentase 70,45% dan siklus III dengan persentase 86,74%; (2) pembelajaran dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Diklat sistem injeksi bahan bakar bensin di kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman, hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai post-test kelas XII TKR SMK Muhamadiyah Cangkringan pada siklus I sebesar 70,41 meningkat pada siklus II menjadi 76,25 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 85,2.

Kata kunci : Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Metode Inkuiri

 

THE APLICATION LEARNING METHOD INKUIRI AS EFONTS TO KNOW PROGRESS ACTIVE STUDENS AND STUDY RESULTH COURSE FUEL GASOLINE INJECTION FOR VOCATIONAL HIGHT SCHOOL MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

ABSTRACT

 The purpose of this study (1) to founds progress learning active, couse system injection fuel gasoline for students vocational high scool Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta for students class XII withmethod inkuiri learning strategy (2) for increase the results of study coorse system injection fuel gasoline for students class XII techniave automotive velicle at SMK Muhammadiyah Cangkringan SlemanYogyakarta with learning inkuiri strategy. Research hipotesis (1) The study applied method inkuiri can increase the result. Learning student in course system injection fuel gasoline an class XII technique engineering vocational high school Muhammadiyah Cangkringan Sleman.

This research was apply at vocational high school Muhammadiyah Cangkringan year 2014/2014. Exactly date on march 19 2014 until September 23 2014. Subject topic of discussion in this research is students class XII TKR A 24 totalistudents, type of this research class activity. Technique, observation, documentary. This instrument method experiment was on class XII TKR B vocatioral high school Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta. The validity question was get frompal product moment korelasion. Based on the result calculated from each of question the cycle was valid. The reability questions was ged alpha abbreviation. Based on analysis was get coefsieent interval at cycle I 0, 3 ,cycle II 0, 3 and cycle III 0,829 has reliable, technique analysis data with quantitative analisis, analisis for student active had include average. Points and reserve power.

Based on result research got result (1) the study was use method inkuiri study get progress the student more active in subject system injection fuel gasoline at vocational high school muhammadiyah cangkringan sleman, for class XII tenslas was show from data on cycle I the students has active from percentage cale 37,12 (2) the studies has used method study inkuiri got valid up learning result students in subject system injector fuel gasoline on class XII TKR vocational high school muhammadiyah cangkringan on cycle I scale percentage 70,41 got significant percentage progress on cycle II , scale percentage 7 ,2 . and once again got significant progress on cycle III became 8 ,2 scale percentage.

Key words : Active Student, Learning Result, Inkuiri Method

Penulis Jurnal Ilmiah    :
1. Dony Borneo, S.Pd
2. Rabiman, S.Pd., M.Pd

Identitas Jurnal Ilmiah    :
a. Nama Jurnal Taman Vokasi
b. Nomor : 1,  Vol. 3,  ISSN : 2338-1825
c. Edisi  Juni  2015
d. Penerbit : PTM FKIP UST
e. Jumlah halaman : 10 (444 – 453)

download