PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN BAHASA PADA SISWA SD KOTA YOGYAKARTA

Siti Anafiah
Ardian Arief

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
E-mail: anafiahs@yahoo.com;
ardian.arief@ustjogja.ac.id.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan permainan bahasa yang dapat dimanfaatkan untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa SD kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah di 5 SD Negeri Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Teknik untuk menetapkan keabsahan data pada kriteria derajat keterpercayaan (credibility) melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai pendidikan karakter dalam permainan bahasa. Diantaranya dalam permainan Menjodohkan Gambar dan Kata menciptakan kreativitas dan rasa ingin tau pada anak. Permainan Kata dan Huruf melatih anak untuk tanggung jawab dan berpikir kreatif. Permainan Memilih Kalimat melatih anak untuk berkonsentrasi dan belajar untuk memecahkan masalah. Permainan Melengkapi Kalimat melatih anak berpikir kreatif dan cermat. Cerita Berantai kreatif melatih anak untuk mampu bertanggung jawab dan kerjasama dengan teman yang lain.

Kata Kunci: pendidikan karakter, permainan bahasa, penanaman

download