PEMANFAATAN BAHASA KETERANGAN (CAPTION) DALAM YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH VIEWER DAN SUBSCRIBER

PEMANFAATAN BAHASA KETERANGAN (CAPTION) DALAM YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH VIEWER DAN SUBSCRIBER

Yoga Pradana Wicaksono dan
Titis Kusumaningrum Witdaryadi Putri
FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta;
SMA Negeri 1 Kebumen
yoga.pradana@ustjogja.ac.id; titiskusuma23@gmail.com

Abstrak

Tulisan ini bertujuan mengungkap strategi kreator dalam menggunakan bahasa untuk meningkatkan jumlah tayangan dalam situs youtube. Data dalam tulisan ini diperoleh dari thumbnail yang tersaji dalam setiap video yang telah diunggah. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat empat cara pemanfaatan bahasa. Pertama, secara eksplisit mengungkapkan judul yang secara langsung merujuk pada isi video. Kedua, mengungkapkan kelebihan dari produk yang sedang ditelaah. Ketiga, menunjukkan perbandingan dengan benda yang memiliki nilai lebih tinggi. Keempat, menyajikan kehebohan dari produk atau situasi yang terdapat dalam video.

Kata kunci: adsense, caption, kreator, penonton, thumbnail

Link Download