Optimalisasi Penggunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Optimalisasi Penggunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

 

Dra.Sri Wahyu Andayani M. Pd, NIP: 19610120 198703 2001

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang penggunaan media internet sebagai sumber belajar mahasiswa .

Optimalisasi penggunaan media internet sebagai sumber belajar mahasiswa merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang kegiatan belajar . Penggunaan media secara optimal dapat diartikan dengan memanfatkan media tersebut secara maksimal, idial dan terbaik atau media tersebut digunakan secara relevan dengan subyek mata kuliah yang ditempuh. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah sejauhmana para mahasiswa mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar, ditinjau dari :a). suplemen (tambahan ) , b. komplemen (pelengkap ), c. subtitusi ( pengganti ).

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PKK, JPTK, FKIP, UST yang berjumlah 435 responden. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, karena tidak meneliti seluruh populasi, besar sampel dihitung dengan menggunakan rumus sloven yaitu 208 responden

Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket . Angket sebelum digunakan diuji validitasnya menggunakan uji korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Optimalisasi penggunaan media internet sebagai sumber belajar mahasiswa dalam katagori sedang dengan frekuensi relatif 46,6%. Artinya mahasiswa program studi PKK telah cukup mengoptimalkan penggunaan media internet sebagai sumber belajar. Penjelasan tersebut didukung dengan indikator penelitian, yaitu suplemen (tambahan) dalam katagori sedang dengan frekuensi relatif 51,0% ,dan komplemen (pelengkap) dalam katagori sedang dengan frekuensi relatif 49,5%, serta subtitusi (pengganti) dalam kategori sedang dengan frekuensi relatif 55,3 %. Artinya, ketiga indikator tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan.

 

 

Kata kunci : media internet, sumber belajar. download