Pendidikan Yang Memanusiakan Manusia (Konsep Karakter Warga Negara Ideal Ki Hadjar Dewantara)

PENDIDIKAN YANG MEMANUSIAKAN MANUSIA
(KONSEP KARAKTER WARGA NEGARA IDEAL
KI HADJAR DEWANTARA)

Dwi Wijayanti
PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Email: dwi_wijayanti1106@yahoo.com

Abstrak
Pendidikan sesungguhnya adalah proses memanusiakan manusia (humanisasi), yakni pengangkatan manusia ke taraf insani sehinggga manusia dapat bertindak sesuai dengan adab kemanusiaan. Salah satu caranya adalah melalui pendidikan karakter. Menurut Ki Hadjar Dewantara pendidkan karakter merupakan usaha memberikan nasehat-nasehat, materi-materi, anjuran-anjuran yang dapat mengarahkan anak pada keinsyafan dan kesadaran akan perbuatan baik yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, mulai dari masa kecilnya sampai pada masa dewasanya agar terbentuk watak dan kepribadian yang baik untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Karena proses pendidikan karakter berlangsung dari kecil hingga dewasa maka pendidikann karakter terjadi ditiga lingkungan (Tri Pusat Pendidikan) yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah, ketiganya berjalan bersama-sama. Pendekatan pendidikan karakter dilakukan dengan sistem among yaitu asih, asah dan asuh. Metode ini secara teknik pengajaran meliputi kepala, hati dan panca indera (educate the head, the heart, and the hand) melalui Ing ngarso sung tolodho, Ing madyo mangun karso, dan Tut Wuri handayani. Pendidikan benar-benar bertujuan untuk memanusiakan manusia berbudi pekerti luhur dan membentuk karakter warga negara yang ideal, yaitu warga negara yang memiliki kemampuan Ngerti (moral knowing), Ngroso (moral feeling) lan Nglakoni (moral action).

Kata Kunci: Ki Hadjar Dewantara, pendidikan karakter, humanisasi

download