PENYUSUNAN MODEL ANIMASI KOMPUTER GUNA PEMBELAJARAN LISTRIK MAGNET 2 PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANANWIYATA TAMANSISWA TAHUN 2015

PENYUSUNAN MODEL ANIMASI KOMPUTER GUNA PEMBELAJARAN LISTRIK MAGNET 2 PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANANWIYATA TAMANSISWA TAHUN 2015

Sunarto
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Email: sunartoust@gmail.com

Abstrak

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan: (1) memperoleh produk model animasi komputer pembelajaran fisika listrik magnet dua untuk mahasiswa program pendidikan fisika semester III, dan (2) mengetahui efektifitas hasil pembelajaran menggunakan model aniamsi komputer pada mata kuliah listrik magnet dua pada mahasiswa semester III Program Pendidikan Fisika FKIP-UST Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah tentang pengembangan model animasi komputer guna pembelajaran dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran listrik magnet dua pada mahasiswa program pendidikan fisika. Lokasi penelitian ini adalah di Program Pendidikan Fisika FKIP-UST Yogyakarta.Subyek penelitian adalah pengembangan menyusun model anilamsi komputer dan efektifitas pembelajaran listrik magnet dua pada mahasiswa semester III tahun 2015 sejumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai instrumen lembar observasi model skala likert dan objektif tes pilihan ganda.Teknik analisis data adalah kuantitatif dan kualitatif diskreptif untuk menentukan penilaian produk model animasi komputer guna pembelajaran dan efektifitas hasil belajar listrik magnet dua pada mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) diperoleh produk model animasi komputer pembelajaran listrik magnet dua dengan skor penilaian 82,76 % masuk peringkat predikat baik, dan (2) skor efektifitas hasil penilaian pembelajaran berkelompok menggunakan model animasi komputer adalah 84,33 masuk peringkat predikat sangat efektif. Kesimpulan adalah diperoleh produk model animasi komputer pembelajaran dengan peringkat predikat baik, dan dan efektifitas hasil pembelajaran mahasiswa dengan menggunakan model animasi komputer masuk peringkat predikat sangat baik atau sangat efektif.

Kata kunci: model, animasi, komputer, pembelajaran, listrik, magnet.

Download Artikel