HUBUNGAN ANTARA POLA PEMANFAATAN SMARTPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL

Hana Ayu Aryati
Kristi Wardani
Ardian Arief

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
E-mail: nanaayu56@gmail.com;
kristi.wardani@ustjogja.ac.id;
ardian.arief@ustjogjaa.c.id.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hubungan yang positif pola pemanfaatan smartphone terhadap prestasi belajar siswa, (2) hubungan yang positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) hubungan yang positif secara bersama-sama antara pola pemanfaatan smartphone dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD se-Kecamatan Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Ukuran sampel penelitian sebanyak 127 siswa ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif dan secara korelatif, dengan regresi ganda dua prediktor dilanjutkan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola pemanfaatan smartphone dengan prestasi belajar, nilai koefisien korelasi = 0,264>0,174. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, nilai koefisien korelasi = 0,246>0,174. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola pemanfaatan smartphone dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, nilai Fregresi = 7,941 >Ftabel3,07.

Kata Kunci:  pola pemanfaatan smartphone, motivasi, prestasi belajar

download