DESAIN PENDIDIKAN IPA TERPADU BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI CALON GURU

DESAIN PENDIDIKAN IPA TERPADU BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI CALON GURU

Shanta Rezkita
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
shanta_rezkita@yahoo.com

ABSTRAK

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 mengarah pada keutuhan proses dan materi yang saling berhubungan melalui tema-tema tertentu. Dalam berbagai kesempatan praktik mengajar, calon guru masih terkendala pada penguasaan konsep keterpaduan baik pada proses maupun materi pembelajaran. Terkadang banyaknya beban tugas perkuliahan dalam semester mempengaruhi konsentrasi terutama bagi mereka yang belum memiliki kemandirian dalam belajar. Namun hadirnya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini dapat dimanfaatkan oleh dosen dalam memperbaiki kualitas perkuliahan. Salahsatunya strategi blended learning yang menciptakan variasi lingkungan belajar baik secara offline, online, maupun tatap muka. Oleh karena itu, pengembangan perkuliahan pendidikan IPA terpadu dengan blended learning dapat menjadi solusi atas masalah ini, tentu dengan rancangan yang sesuai dengan kebutuhan calon guru dan karakteristik perkuliahan. Harapannya, strategi ini dapat membantu penguasaan calon guru terhadap keterpaduan IPA baik dari segi substansi materi, cakupan materi dan penataan materi IPA dalam kurikulum 2013 serta dinamika pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Kata Kunci: pendidikan, IPA terpadu, blended learning.

DOWNLOAD ARTIKEL