Pendidikan Multikultural dan Teknologi Pendidikan

Pendidikan Multikultural dan Teknologi Pendidikan
Oleh
Arif Bintoro Johan
JPTK-FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

ABSTRAK

Dalam beberapa tahun terakhir pendidikan multikultural dan teknologi telah muncul sebagai isu utama dalam pengajaran dan pendidikan guru. Tetapi apakah mereka merupakan pasangan yang sempurna dalam bidang pedagogi atau pasangan yang aneh masih ditentukan oleh guru di semua tingkat dengan mencari cara untuk mengintegrasikan keduanya. Kondisi ini mencerna dan melihat bagaimana teknologi dapat mendukung upaya pendidikan multikultural.
Kompleksitas keragaman budaya yang terjalin ke dalam struktur sosial daerah, negara dan masyarakat transnasional, dan ini dipandang sebagai salah satu tantangan sosial-ekonomi yang paling signifikan dekade terakhir ini. Menurut beberapa proyeksi, pada tahun 2020, populasi mahasiswa nasional akan diwakili oleh siswa dari latar belakang etnis beragam.
Meskipun inisiatif untuk membina hubungan yang positif dan produktif antara budaya peserta didik beragam, ada jarak antara teori dan praktek, dan ini diperparah ketika mempertimbangkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini dibuktikan dengan akses terhadap teknologi pendidikan dan dukungan terbatas untuk pengembangan pendidikan minoritas dan pelajar migran.

Download Artikel